Jumat, 04 Januari 2013

Ada Hikmah di Balik Setiap Masalah

Hm, gimana pendapat Angel setelah baca pengalaman MOS aku tadi? Pasti sampe bingung ya nerima semua tumpahan perasaan aku? Hahaha... aku sendiri juga bingung kok.. :p

Angel, tapi aku tau kok arti MOS ini, karena di awal-awal, pernah disampaikan sama para pengurus MOS. MOS ini emang singkatan dari "Masa Orientasi Siswa", bukan "Masa Ora Santai" seperti yang aku sebutin (abisnya lebih cocok sama sikon yang terjadi sih :p). MOS ini bertujuan untuk mengenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolahnya yang baru. Tapi kita sebagai murid baru, karena jengkel kali ya, sering menganggap MOS ini sebagai ajang unjuk kekuasaan para kakak kelas.

Hm, di sini aku akan mencoba menganalisis hikmah dari MOS ini, berbekal ke-soktahu-an aku (bukan pengetahuan :p). Oke, baca baik-baik. Kali aja berguna.

Kakak kelas sering memberi kita tugas seabrek yang bikin kepala mau pecah. Seakan mereka nggak sadar kalo kita ini bukan gurita yang punya banyak tangan. Dan tugas-tugas itu harus dikerjakan hanya dalam waktu semalam. Nggak ada waktu untuk berleha-leha barang sedikitpun. Nah, tugas-tugas itu ternyata untuk melatih kita, karena, ketika kita telah benar-benar menjadi siswa SMAN 1 Temanggung, yang namanya tugas sama ulangan itu nggak pernah terlepas dari otak kita. Kalo hari-hari sekolah, pikirannya tugas sama ulangan mulu. Di MOS ini kita diberi semacam "pelatihan", agar besoknya tidak "kaget" ketika mendapat tugas segunung.

Hm, selanjutnya tentang hukuman WASKAT kepada para PI atas segala kesalahan kita. Menurut aku, itu untuk meningkatkan rasa kepedulian dan tanggung jawab. Kita harus peduli pada perasaan para kakak PI yang kena hukuman, padahal yang salah kita. Sementara kakak-kakak PI dan PPI itu baik-baik, tak seharusnya mendapat hukuman seperti itu. Mereka dengan senang hati mendampingi dan menolong kita. Kasihan kan? Nah, karena rasa kasihan itulah, akhirnya kita terlatih untuk bertanggung jawab menyelesaikan semua tugas dengan baik dan benar, agar kakak-kakak PI tak kena hukuman lagi.

Selanjutnya lagi, jelas! SABAR! Kalo yang namanya ngadepin kakak WASKAT nih ya, usus kesabaran itu harus dipanjangin paling nggak satu kilometer *ngalay*. Beneran deh! Tiap kali WASKAT buka mulut, bawaannya pingin buka mulut juga, bales bentak, bales tereak. Tapi itu namanya cari mati. Jadi yang bisa kita lakukan hanya satu. BERSABAR! Karena apa? Karena orang sabar disayang Tuhan. ^-^

Hm, apalagi ya? Oh ya! Dipaksa untuk kuat, tegar, dan tahan banting! Bukan hanya fisik. Psikis pun gitu. Bayangin aja, seharian dapat segala macem bentakan dan selalu dihantui ketakutan kalo-kalo bikin kesalahan. Harus kuat dijemur di lapangan di siang bolong. Bukan hanya kuat badan, karena hati dan mental pun harus kuat. Harus tegar. Karena yang diharapkan di sini adalah semua anaknya bermental baja nantinya.


Kesimpulannya, MOS ini emang sangat berguna. WASKAT emang galak dan menyebalkan, pokoknya mereka semua minta ditabokin satu-satu deh. Tapi berkat mereka juga kita jadi seperti ini. Makasih.
Eh, boleh nggak aku nyanyiin satu lagu buat kalian? Oke deh. Dengerin yaa.. Tapi reffnya doang sih. Soalnya ntar kepanjangan kalo dari awal, hehe ^^


Cause it makes me that much stronger
Makes me work a little bit harder
It makes me that much wiser
So thanks for making me a fighter 


Made me learn a little bit faster
Made my skin a little bit thicker
Makes me that much smarter
So thanks for making me a fighter 



Tau kan itu lagu apa? Sip! "Fighter"-nya Christina Aguilera. Sebagai ungkapan terima kasih aku ke kalian. Dan maaf, kalo di atas aku marah-marah (kebawa emosi sih ya). Aku khilaf kak... u,u

Dan satu lagi nih! BIG THANKS buat para PI dan PPI. Makasih udah bantu kita dan sabar menerima segala hukuman atas kesalahan kita. Makasih buat... segalanya! Dari kalian lah aku belajar arti kasih sayang (?). Hm? Kalian minta dinyanyiin juga? Hahaha, bingung deh lagu yang pas buat kalian tuh apa. Mmm... aku tau! Aku akan mempersembahkan lagu "Thank God I Found You"-nya Mariah Carey untuk kalian. Silahkan download dan dengerin sendiri. ^^

MOS emang masa-masa yang paling susah dilupakan dalam hidup kita. Perasaan kita pasti campur aduk kalo disuruh mengingat hari-hari MOS lagi. Senang, susah, males, jengkel, geli, bingung, aah.. semuanya jadi satu deh! Dan MOS SMA ini bener-bener berkesan.

Aku jadi sering berfikir. Gimana nanti masa OSPEK di kampus? Wuih, itu sih ngeri banget kayaknya! Hm, nggak tau lah apa yang akan terjadi besok di sana. Yang pasti, akan menjadi suatu pengalaman yang berharga bagi aku. Dan dari semua pengalaman, bisa kita petik hikmahnya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar