Rabu, 02 Januari 2013

MOS (Masa Ora Santai) Memory, part. 1 = Pra-MOS

Seperti janji aku Angel, aku mau share ke kamu pengalaman aku di MOS SMA. Let's see! ^-^

Sebelom MOS, ada yang namanya pra-MOS di hari Sabtu. Kegiatan itu untuk persiapan MOS besok Senin. Di hari itu, awalnya pembagian kelas dulu. Saat berbaris di lapangan, mati-matian aku berdoa, moga-moga sekelas sama temen aku (disini yang aku maksud adalah Nurilla & Gisma), moga-moga sekelas, moga-moga sekelas... Eh, tiba-tiba nama aku dipanggil. Aku masuk ke kelas X-1! Buru-buru aku maju, karena disuruh cepet, berlari malah. Ck, sante kek. Orang kaki sini juga sepasang doang. -,-


Di depan, aku diam mendengarkan. Dan tubuhku langsung melunglai begitu panggilan daftar anak kelas X-1 selesai. Yah, aku nggak sekelas sama sahabat-sahabatku. Ternyata Gisma masuk ke kelas X-7, dan Nurilla kelas X-9. Ck, sial! Jauh semua, lagi!


Di depanku, berdiri seorang kakak kelas (cowok). Rada takut juga kalo mengingat gimana kusutnya wajah sepupuku dulu saat menjalani MOS. Bener-bener deh, untuk tersenyum aja (dalam hati sekalipun) sama sekali nggak ada gairah. Aku bertanya-tanya dalam hati. Kira-kira, apa yang akan terjadi padaku nanti?


Selesai pembagian kelas (belum kelas tetap sih, karena nantinya masih akan ada yang diganti), kami semua digiring (digiring? Emangnya tahanan? Tapi... iya sih, emang rasanya kayak narapidana mau dikasih hukuman) ke depan pensi. Semua berbaris di sana, acara pengenalan dengan para pengurus MOS. Semua kakak kelas pengurus MOS berdiri di panggung untuk diperkenalkan, dan mulailah acara pembagian tugas. Ada yang namanya PI, PPI, sama WASKAT. Weits, apaan itu? Dan tiba-tiba aja ada yang pingsan, entah siapa, di barisan belakang. Saat itu, salah seorang WASKAT (jangan sebut merk deh ya) langsung berteriak, "Salah satu PI! Tolongin dia! CEPET!"


Hii, takuuuut.... >,<


Selesai acara pengenalan, kami masuk ke kelas. Setiap kelas (atau lebih tepatnya kelompok deh ya, karena saat itu masih disebut "kelompok" sih, belom kelas. Kelas aku sendiri kelompok merah), dimasuki oleh 2 orang PI dan 2 orang PPI. Mm, PI sama PPI itu singkatan apa ya? Aku lupa. Dari dulu taunya kalo PI itu Pramuka Inti sih, hehe... :p

Mereka menjelaskan kalo WASKAT itu tugasnya emang mengawasi dan mengatur jalannya MOS, sementara PI dan PPI sebagai pendamping, bantu-bantu gitu deh. Dan kamu tau Angel? Kalo ketemu pengurus MOS, siapapun itu, kita disuruh HORMAT! IYA! BENER-BENER HORMAT SEPERTI HORMAT KEPADA SANG MERAH PUTIH SAAT UPACARA! Kamu nggak nyangka kan? aku sendiri nggak nyangka. -,-
Daripada kena masalah, mending nurut deh. Jadi, kalo berpapasan dengan pengurus MOS, harus langsung hormaaaat.... grak! Indonesia.. tanah airku, tanah tumpah darahku... (eh, malah nyanyi. Jadi keinget pas upacara bendera sih. :p)

Trus, setelah itu kami dibagikan perlengkapan untuk MOS besok. Macem-macem deh. Beneran! Kertas karton gede nan tebal untuk tas (ya, tasnya bikin sendiri! Kayaknya sih biar kesannya sama semua kayak anak TK gitu, dan sederhana), buku panduan MOS (ato buku apaan itu aku lupa, pokoknya ada foto-foto guru-guru SMA N 1 sama nama-nama kakak kelas pengurus OSIS, MPK, dan apa lagi itu), buku tulis, bolpoin, dan... ah, pokoknya macem-macem.


Kami disuruh bikin barang macem-macem juga. Tas (udah aku sebutin di atas), papan nama buat digantungin di badan (biar para pengurus MOS bisa manggil nama kita nantinya, tapi yang ditulis disitu hanya 3 huruf. Dan kamu tau siapa nama panggilan aku? "Aul"! Bukan "Lia", karena... entahlah, aku lebih enak dipanggil Aul, dan kayaknya kalo Lia udah pasaran banget. :p), papan nama untuk ditaruh di meja, tempat pensil dari kardus pasta gigi yang dibungkus dengan kertas marmer warna merah, dan apalagi ya? Susah diingat saking banyaknya.


Hm, lalu kami ke aula, diberi penjelasan apa-apa aja aku nggak inget, muter-muter keliling sekolah untuk pengenalan lingkungan, dan.... ah, capek deh pokoknya. Kalo nggak salah hari itu ada acara baris-berbaris segala siang harinya. Pulang-pulang udah sore, sekalian beli apa-apa aja yang dibutuhkan besok Senin.


Huaaaah, baru PRA-MOS aja udah kayak gini capeknya. Gimana besok pas MOS-nya? Gila! Ngeri kalo harus membayangkan. Pokoknya siapin aja dulu apa yang diperintahkan, dan yang terpenting, jangan melakukan kesalahan! Tapi... mau gimana juga, yang namanya manusia kan pasti ada salahnya. Masa kalo salah mau disalahin? (eh, kalo salah emang disalahin ding :p) Ah, kamu pasti tau maksud aku. Maksudnya kesalahan yang nggak disengaja gitu.
Mistake.



Bersambung....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar